Tentang Alif Lukmanul Hakim

Alif Lukmanul Hakim, S. Fil., M. Phil, adalah seorang Dosen Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) yang berhome base di Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Mengampu mata kuliah seperti Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Islam Ulil Albab, Pendidikan Agama Islam, Filsafat, dan Etika Komunikasi Profesi. Sering terpilih menjadi Dosen dengan Nilai Kinerja Mengajar Dosen (NKMD) terbaik per semester. Selalu menjadi Instruktur atau Trainer Terbaik dalam program Students Soft Skills Development (S3D) Fakultas Teknologi Industri UII sejak 2011-2018. Aktif sebagai penyunting naskah dan editor buku, peneliti dan banyak melakukan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang, seperti menjadi Ketua Komite PAUD di kampung tempat tinggalnya, Khutbah Jumat, Imam Masjid dan juga mengisi pengajian hari-hari besar keagamaan Islam. Putra kedua dari Bapak H. Endang Affandi dan Ibu Hj. Ngesti, S. Pd. Suami dari Fika dan Ayah dari Bahri serta Ifa. Serta memiliki saudara kandung satu laki-laki dan satu perempuan. Sering diundang mengisi seminar baik lokal maupun nasional (wawasan kebangsaan, kepemudaan, Pancasila, Moderasi Beragama, Ekonomi-Politik, Sosial-budaya Industri-bisnis & Keagamaan). Narasumber literasi digital Siberkreasi Kominfo RI 2021 dan 2022, anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI), Aktivis Dakwah & Pancasila, anggota Asosiasi Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (ADPK), anggota ASWGI, anggota Dewan Dosen Indonesia (DDI). Aktif sebagai Youtuber dengan channel Alif Lukmanul Hakim, M, Phil, Instruktur Provinsi AKMI Kemenag RI 2021 dan Mustasyar Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama UII (KMNU UII) serta anggota Dewan Pembina KMNU Nasional. Menulis di berbagai media massa baik cetak maupun online dan beberapa Buku dengan kolega Dosen, seperti Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan diterbitkan oleh UII Press. Buku Referensi Pendidikan Pancasila dan Islam dalam Disiplin Ilmu Kewirausahaan diterbitkan oleh Deepublish. Buku-buku Antologi dan Book Chapter, contohnya Religiusitas Sains serta Sinergi Pancasila dan Agama dalam Penguatan Wawasan Semangat Kebangsaan diterbitkan oleh penerbit Gemala, Pengetahuan Dasar Antikorupsi dan Integritas, Pendidikan dan Implementasi Integritas diterbitkan oleh penerbit Media Sains, Memaknai Kembali Pancasila diterbitkan oleh Badan Penerbitan Filsafat UGM bekerjasama dengan penerbit Lima, Pendidikan Multikultural, Peran ICT dalam Pendidikan Tinggi dan Buku Bisnis Digital Penerbit Adab. Telah menerbitkan Buku Antologi Pribadi berjudul Memadukan Nilai Kehidupan,penerbit Segap Pustaka. Dan berbagai kolaborasi antologi dengan para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Tak hanya di UII, ia pun pernah mengajar sebagai Dosen Tamu di beberapa Fakultas di UNY serta Universitas Atmajaya Yogyakarta. Bahkan kampus lain seperti Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta, STIM YKPN, dan juga Universitas Respati Yogyakarta pernah disambanginya sebagai pengajar tamu. Kantor Kesbangpol Kota Yogyakarta selalu memintanya menjadi narasumber seminar terkait kepemudaan, politik dan nasionalisme  sejak 2007, begitu pula Kesbangpol Kabupaten Magelang  dalam tema yang sama pernah disambanginya sebagai narasumber pada 2009 – 2011. Buku Magelang dari Masa ke Masa proyek dari dinas kearsipan  pun Ia bedah ketika diundang sebagai narasumber pada Juli 2011. Beberapa instansi pemerintahan lain pun seperti BAPPEDA Kabupaten Magelang serta berbagai Organisasi Kepemudaan, Keagamaan lintas ormas dan agama pun selalu memintanya menjadi narasumber.

Predikat mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Filsafat UGM pun pernah disandangnya tahun 2006. Ketua Lembaga Mahasiswa Filsafat (LMF) Fakultas Filsafat UGM tahun 2003-2004,  baginya kuliah tetap berprestasi walaupun dengan seabrek aktivitas,  terbukti Ia Cum Laude S1 nya di Filsafat UGM tahun 2007 dan S2 Master of Philosophy (M.Phil UGM lulus 2009 ). Sewaktu S1 pernah kuliah di Jurusan Aqidah Filsafat, Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat mahasiswa ia pernah mewakili UGM mengikuti Program Pelayaran Kebangsaan V 2005 berlayar dengan Kapal KRI TANJUNG DALPELE (sekarang KRI dr. Soeharso) TNI AL dengan seluruh mahasiswa se-Indonesia dan Taruna AL, AD, AU, dan Akpol. Ia terpilih menjadi salah satu peserta terbaik bersama 10 wakil peserta lainnya dan berkesempatan menemui Wakil Presiden di Istana Negara (Istana Wapres RI), ke LEMHANAS, DPR RI dan DIKTI. Pernah mengikuti Dialog Kebangsaan DIKTI 2006. Ia pun pernah diundang secara khusus oleh Marissa Haque untuk membahas tentang problem AHMADIYAH dan kerukunan Agama di Indonesia di DPR RI tahun 2005. Tahun 2006 pun ia kembali mengunjungi LEMHANAS untuk prsentasi terkait Indonesia dalam perspektif Pemuda.

11 thoughts on “Tentang Alif Lukmanul Hakim

  1. Matur sembah nuwun mbak memy..Terima Kasih sekali atas ucapan dan doanya..Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan yang terbaik kepada mbak memy..Amiin..

    Best Regards,

    Alif Lukmanul Hakim

  2. Makasih atas kunjungannya..Masih sepi pengunjung neh..Masih sibuk mulai mengerjakan tesis S2..Jadi, blognya agak terbengkalai di urus. Kunjungi yang di aliflukmanulhakim.blogspot.com aja Mas Ciwir

  3. Assalamualaikum…. lagi cari referensi untuk post di forum diskusi pancasila makulnya pak Alif, eh alhamdulillah malah nemu blognya 🙂 muncul teratas waktu saya searching “peran ideologi pancasila” sukses selalu ya pak……

Tinggalkan komentar